MAKALAH MANAJEMEN PEMASARAN
Konsep Mnajemen Pemasaran
A.
Pengertian dan Ruang Lingkup
Manajaemen Pemasaran
Jika kita mendengar kata pemasaran sendiri, mungkin dari kita
banyak yang berfikir Pemasaran merupakan kegiatan yang berhubungan mengenai
pembelian, transaksi, dan perdagangan. Kadang
kita juga berfikir pemasaran diartikan sebagai kegiatan pengeceran (retailing)
atau penjajakan (merchandising). Namun, anggapan-anggapan seperti
ini kurag tepat, sebenarnya pemasaran memiliki arti yang lebih luas.
Pemasaran adalah suatu proses dan menejerial yag diarahkan untuk
memenuhi atau memuaskan kebutuhan dan keinginan suatu individu atau kelompok
dengan menciptakan , menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai kepada
pihak lain atau segala kegiatan yang menyangkut penyampaian produk atau jasa
dari produsen sampai kepada konsumen.[1]
Sedangkan, manajemen pemasaran ialah suatu kegiatan menganalisa,
merencanakan, mengimplementasi (terdiri dari kegiatan mengorganisasikan, mengarahkan,
mengkoordinir ) dan mengawasi atau mengendalikan segala kegiatan atau progam,
untuk memperoleh tingkat pertukaran yang menguntungkan dalam rangka mencapai
tujuan organisasi yang efektif dan efesien.[2]
Didalam pengertian diatas kita dapat mengetahui beberapa kegiatan
dalam manajemen pemasaran dan juga
fungsinya, yakni:
1.
Menganalisa
: analisis yang dilakukan untuk mengetahui pasar dan lingkungan pemasarannya,
sehingga memperoleh informasi seberapa besar peluang usaha untuk merebut pasar
dan seberapa besar pula ancaman yang harus dihadapi.
2.
Perencanaan
pemasaran : penentuan segala sesuatu sebelum melakukan kegiatan-kegiatan
pemasaran, sehingga segala kegiatan dapat terfkuskan, seperti dapat menghindari
adanya penuimpangan tujuan atau telah terfokus dengan segala biaya-biaya.
3.
Imlementasi
: proses yang mengubaN strategi dan rencana pemsaran menjadi tindakan
pemaasaran untuk mencapai sasaran.
4.
Pengendalian
: usaha untuk memberikan petujunjuk pada para pelaksana agar mereka selalu
bertindak sesuai dengan rencana. [3]
Berikut adalah bagan dari penjelasan diatas:
Konsep pemasaran adalah suatu konsep bisnis yang menekankan bahwa
strategi pemasaran yang berhasil adalah strategi yang dibangun berdasarkan
kepada pemahaman yang lebih baik, dari perilaku konsumen.[4]
Sedangkan ruang kingkup dari
manajemen pemasaran, meliputi:
a.
Falsafah
manajemen pemasaran, yang mencakup konsep dan proses pemasaran serta
tugas-tugas manajemen pemasaran.
b.
Faktor
lingkungan pemasaran merupakan faktor yang tidak dapat dikendalikan pimpinan
perusahaan.
c.
Analisis
pasar, yang mencakup ciri-ciri dari masing-masing jenis pasar, analisis produk,
analisis konsumen, analisis persaingan dan analisis kesempatan pasar.
d.
Pemilihan
sasaran (target) pasar, yang mencakup dimensi pasar konsumen, periaku konsumen,
segmentasi pasar dan kriteria yang digunakan, peramalan potensi sasaran pasar,
dan penentuan wilayah pasar/penjualan.
e.
Perencanaan
pemasaran perusahaan, yang mencakup perencanaan strategi jangka panjang
pemasaran perusahaan (marketing corporate planning), perencanaan operasional
pemasaran perusahaan, penyusunan anggaran pemasaran dan proses penyusunan
rencana pemasaran perusahaan.
f.
Kebijakan
dan strategi pemasaran terpadu (marketing mix strategi)
g.
Kebijakan
dan strategi produk
h.
Kebijakan
dan strategi harga
i.
Kebijakan
dan strategi penyaluran
j.
Kebijakan
dan strategi promosi
k.
Organisasi
pemasaran
l.
Sistem
informasi pemasaran
m.
Pengendalian
pemasaran
n.
Manajemen
penjual, mencakup manajemen tenaga penjual , pengelolaaan wilayah penjualan dan
penyusunan rencana anggaran peenjualan
o.
Pemasaran
internasional
B. Peranan
Pemasaran dalam Masyarakat
Pemasaran memiliki peranan yang penting dalam kehidupan masyarakat,
karena pemasaran menyangkut berbagai aspek dalam kehidupan, seperti dalam
bidang ekonomi dan sosial. Dalam
kegiatan pemasaran sendiri
berkaitan dengan masalah mengalirnya produk dari produsen sampai kepada
konsumen. Dalam proses pemasaran dapat menciptakan lapangan kerja yang penting
bagi masyarakat banyak. Maka dari itu pemasaran merupakan sektor yang penting
dalam mempengaruhi pendapatan masyarakat.
Pentingnya pemasaran juga tercermin dengan kegiatan masyarakat
dalam kehidupan sehari-hari yang tidak terlepas dari kegiatan pemasaran yang
ada. Media advertensi yang digunakan untuk mempresentasikan produk, toko tempat
kita berbelanja dan banyak lagi merupakan kegiatan pemasaran.
Peranan pemasaran dalam masyarakat mencakup dalam beberapa hal,
yakni:
1.
Peranan
pemasran dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia
Setiap
orang pasti akan selalu berusaha untuk mmenuhi kebutuhannya, dengan menggunakan
ataupun mengkonsumsi produk yang ada. Usaha seseorang untuk memenuhi kebutuhan
itu adalah dengan memanfaatkan produk yang ada.
Sebagian besar untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia
dilakukan memalui pemasaran. Hal ini dikarenakan proses pemasaran menambah kegunanaan.
Yaitu kegunaan karena waktu, kegunaan karena tempat, dan kegunaan karena
kepemilikan. Jadi, fungsi pemasaran,
seperti pembelian, penjualan, pengangkutan dan penggudangan , merupakan proses
menmbah kegunaan produk yang ada.
Seperti, beras yang tertumbuk didaerah produsen di Sulawesi Tenggara
akan banyak yang rusak, dan tidak mempunyai arti bagi masyarakat didaerah
sekitar . akan tetapi dengan digudangkannya beras tersebut kemudian diangkit
serta di jual ke luar seperti ke pulau jwa, maka beras itu memiliki nilai yang
cukup berarti. Jadi, pemasaran mempunyai
peranan yang penting dalam meningkatkan kegunaan suatu produk.
Ada yang menyatakan bhwa pemasaran merupakan usaha untuk
meningkatkan taraf hidup masyarakat. Semakin tinggi taraf hidup dari tingkat
sosial suatu masyarakat, maka semakin bnyak tingkat pilihan masyarakat untuk
mmenuhi keinginan dan kebutuhannya.[5]
2.
Peranan
pemasaran dalam mengalirkan produk dari produsen ke konsumen
pada
dasarnya pemasaran suatu barang mencakup perpindahan atau aliran dari dua hal,
yaitu aliran fisik dan aliran kegiatan transaksi. Aliran kegiatan transaksi ini
merupakan kegiatan transaksi mulai dari penjual atau produsen sampai kepada
pembeli atau konsumen akhir.
Dalam
kegiatan atau proses mengalirnya produk dari produsen ke tangan konsumen
dilakukan dengan menggunakan peralatan pengangkutan atau tranportasi dan
fasilitas pergudangan. Untuk membantu
kelancaran arus kegiatan transaksi arus barang , maka dibuthkan pelayanan dari
perseorangan atau organisasi lainnya. Seperti adanya pengaturan mengenai ukuran
standar suatu produk yang akan diperdagangkan.
Jadi,
kegiatan pemasaran dapat diklasifikasikan dalam 3 kegiatan. Yakni :
a.
kegiatan
transaksi atau transfer, meliputi:
1. pembelian
2. penjualan
b.
kegiatan
suplai fisik
1. pengangkutan
2. pergudangan
atau penyimpanan
c.
kegiatan
yang mempermudah arus transaksi dan arus barang.
1. penjajaan
2.
standardisasi dan garding
3. pembelanjaan
4. penangungan
resiko
5. informasi
pasar
3.
Peranan
pemasarn dalam kegiatan ekonomi
Keputusan
yang dibuat setiap negara dalam penyelenggaraan sistem perekonomian pada
dasarnya sama , yaitu dalam usaha menciptakan barng dan jasa dan menyediakannya
sesuai dengan waktu dan daerah atau tempat yang dibutuhkan, dengan maksut untuk
memlihara dan meningkatkan standar hidup masyarakat di negaranya.
Kegiatan
ekonomi yang terpusat pada produksi dan konsumsi berkembang demikia pesatnya
dalam industrialisasi dengn produksi secra massa. Perkembangan ini mendorong
adanya urbanisasi, sehingga hal ini lebih meningkatka lagi peranan pemasaran.
Didalam
prkembangsn kegiatan ekonomi seperti ini, permasalahn yang timbul adalah
bagaimana usaha memenuhi kebuthan mayarakat secra memuaskan. Pemenuhan
kebutuhan masyarakat hanya mungkin dapat dilakukan dengan mengadakan produksi
secara massa dan didukung oleh distribusi secara efektif dan efesien.[6]
Perekonomian
akan semakin berkembangapabila arus barang mengalir lancar dari produsen ke
konsumen. peningkatan kegiatan masyarakat produsen dan kesinambungan anatara
permintaan masyarakatkonsumen dan penawaran masyarakat produsen.[7]
REFERENSI
Aghustina Shinta, manajemen
pemasaran (Universitas Brawijaya press: Malang,2011)
Buchari Alma, manajemen pemasaran
dan pemasaran jasa (Alvabeta, CV : Bandung, 2013)
Sofjan Assauri, manajemen pemasaran (Rajawali press:
Jakarta,2014)
https: // www. lydia14211185.wordpress.com/2014/
Peran-pemasaran-bagi-masyarakat/15/09/2016 pukul 11:45 WIB.
Marian burk word, Buku panduan
perencanaan pemasaran (indeks: Jakarta Barat,2009)
ujang suwarman, Perilaku konsumen( Bogor:Ghalia
Indonesia2011)
[1]
Aghustina Shinta, manajemen pemasaran (Universitas Brawijaya press:
Malang,2011) hal 1
[2] Buchari
Alma, manajemen pemasaran dan pemasaran jasa (Alvabeta, CV : Bandung,
2013) hal 130
[3]
Aghustina Shinta, manajemen pemasaran (Universitas Brawijaya press:
Malang,2011) hal 2-6
[4] ujang
suwarman, Perilaku konsumen( Bogor:Ghalia Indonesia2011) Hal.17
[5] Sofjan
Assauri, manajemen pemasaran (Rajawali
press: Jakarta,2014) hal 16-17
[6] Sofjan
Assauri, manajemen pemasaran (Rajawali
press: Jakarta,2014) hal 41-45
[7] https:
// www. lydia14211185.wordpress.com/2014/ Peran-pemasaran-bagi-masyarakat/15/09/2016
pukul 11:45 WIB.
Komentar
Posting Komentar